Kategori Tertentu Industri Kosmetik Mampu Redam Ekses Pandemi
Duniaindustri.com (Mei 2020) -- Mengarungi masa pandemi Covid-19, industri kosmetik untuk kategori tertentu terbukti cukup tangguh (resilience) untuk meredam dampak negatif yang mengubah landskap bisnis. Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Industri kosmetik mencatatkan pertumbuhan yang cukup stabil, ditopang besarnya konsumen kelas menengah di Indonesia dan variasi produk yang berkembang pesat, menurut analisis tim Duniaindustri.com. Di tengah berbagai tantangan yang dihadapi industri secara umum, mulai dari pandemi Covid-19, perlambatan ekonomi, industri kosmetik terbukti menjadi salah satu sektor dengan pertumbuhan yang stabil dan menawarkan potensi masa depan yang prospektif.
Untuk merekam pertumbuhan, peta persaingan, serta prospek industri kosmetik di Indonesia, duniaindustri.com memiliki sedikitnya enam kumpulan data dan riset pasar kosmetik. Simak berikut ulasannya:
1. Market Outlook Industri Kosmetik 2014-2024 (Market Growth and Market Segmentation Analysis)
2. Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar)
2. Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2014-2020 (Top 10 Perusahaan Kosmetik & Market Analysis)
3. Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia)
4. Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris)
5. Data Pasar Kosmetik Indonesia (periode empat tahun terakhir)
Berikut outline dan penjelasan detailnya:
1) Market Outlook Industri Kosmetik 2014-2024 (Market Growth and Market Segmentation Analysis) ini dirilis akhir Juni 2020 menampilkan kajian data spesifik, riset spesifik industri kosmetik dan kecantikan, database lengkap, market analysis, market outlook, market trend untuk periode 2014-2024. Riset data ini berisi 44 halaman berukuran 3,18 MB yang dibuat untuk menjadi panduan komprehensif serta referensi bagi investor, korporasi, peneliti, dan berbagai stakeholders secara luas.
Riset ini dimulai dengan menampilkan dengan menampilkan highlights perekonomian Indonesia, yang terpengaruh pandemi Covid-19 sehingga mengganggu aktivitas industri secara umum. Tantangan perlambatan ekonomi di 2020 menjadi perhatian khusus para pelaku industri, termasuk pebisnis kosmetik dan industri kecantikan. Juga, ditampilkan Indeks Kemudahan Berbisnis (Ease of Doing Business Index), tren investasi asing, info perizinan, lisensi, pajak, subsidi, serta peraturan untuk investasi asing, peraturan tentang pengadaan tanah, kepemilikan tanah dan informasi stabilitas politik. (halaman 2 sampai halaman 14)
Kemudian dilanjutkan pada bab selanjutnya, yakni riset data spesifik industri kosmetik dan kecantikan (personal beauty care) pada halaman 15. Kajian data industri ini dimulai dari defisini dan sejarah kosmetik dan industri kecantikan. Disusul kemudian profil singkat industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia yang menampilkan jumlah perusahaan, trend ekspor, jumlah tenaga kerja langsung dan tidak langsung, serta segmentasi industri.(halaman 16)
Beralih ke fokus kajian data, ditampilkan pertumbuhan size business (market size) industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia pada periode 2009 sampai 2024 forecast pada halaman 17 sampai halaman 24. Pertumbuhan nilai pasar (market size value) pada periode 2009-2019 dianalisis terkait faktor pendorong utama (katalis) serta tantangan dan kendala utama. Sedangkan pertumbuhan nilai pasar (market size value) pada periode 2020-2024F ditampilkan secara terpisah sebagai market outlook untuk acuan para pebisnis.
Kajian data itu dilengkapi dengan analisis segmentasi industri kosmetik dan kecantikan. Tim Duniaindustri.com membagi segmentasi industri kosmetik dan kecantikan menjadi tiga segmen, yakni body care, hair care, dan skin care. Riset data ini menampilkan pertumbuhan dan outlook segmentasi industri kosmetik dan kecantikan pada periode 2017 hingga 2024F yang disuguhkan pada halaman 25 sampai halaman 28.
Beranjak ke pembahasan selanjutnya, ditampilkan profil top 10 perusahaan kosmetik dan kecantikan terbesar dari nilai penjualan 2019 pada halaman 29 sampai halaman 36. Tim Duniaindustri.com terus mengupdate market leader profiling dari riset data sebelumnya yang berbasis 2015 dan 2017, dan dalam riset data ini berbasis 2019.
Trend outlook industri kosmetik dan kecantikan di Indonesia pasca pandemi Covid-19 diulas pada halaman 37 sampai 39 sebagai business insight bagi para pebisnis. Diharapkan dengan business insight yang mumpuni, pebisnis kosmetik dan kecantikan mampu menangkap peluang masa depan, sekaligus mengatasi tantangan yang mungkin timbul.
Sebagai bagian akhir, tim Duniaindustri.com juga menampilkan business insight by exclusive interview dengan salah satu top executive perusahaan kosmetik dan kecantikan dengan pertumbuhan tertinggi. Hasil business insight by exclusive interview ini diharapkan bisa menjadi panduan memahami dinamika dan pergeseran preferensi konsumen kosmetik serta industri kecantikan. Business insight yang ditampilkan pada halaman 40 sampai halaman 43 ini juga diharapkan menjadi benchmark outlook ke depan untuk memperkaya pemetaan pasar secara komprehensif.
Market Outlook Industri Kosmetik 2014-2024 (Market Growth and Market Segmentation Analysis) sebanyak 44 halaman dan berukuran 3,18 MB ini berasal dari riset komprehensif tim Duniaindustri.com dengan dukungan data yang berasal dari BPS, Bank Dunia, asosiasi industri, instansi pemerintah, serta sejumlah perusahaan kosmetik baik di Indonesia maupun dunia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan.(*)
2) Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini dirilis minggu terakhir Mei 2020 menampilkan database terlengkap dan direktori perusahaan paling komprehensif terkait informasi spesifik perusahaan-perusahaan kosmetik di Indonesia. Database spesifik direktori ini mencakup lebih dari 2003 perusahaan di industri kosmetik di Indonesia, ditambah dengan profil top 10 perusahaan dengan nilai penjualan terbesar tahun 2018-2019.
Database direktori ini merupakan perwujudan layanan big data duniaindustri.com yang menawarkan nilai lebih (value added) bagi penggunanya (user). Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini berisi nama perusahaan, alamat lengkap, nomor telpon dan fax, kontak PIC dan telponnya, serta dilengkapi dengan profil produk serta merek perusahaan dan pangsa pasar.
Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini dimulai dengan pembahasan profil top 10 perusahaan kosmetik dengan nilai penjualan terbesar di Indonesia pada 2018-2019. Profil top 10 itu mencakup nama brand, segmen produk kosmetik, dan nilai penjualan 2019. Data profil top 10 perusahaan kosmetik terbesar itu disajikan di halaman 2 sampai halaman 9.
Disusul kemudian database spesifik direktori 200 perusahaan kosmetik di Indonesia, sebagai acuan pemetaan para pesaing di sektor tersebut. Profil perusahaan-perusahaan kosmetik ditampilkan secara singkat berisi penjelasan nama perusahaan, alamat, nomor telpon dan fax, kontak PIC dan telponnya. Database spesifik direktori ini bisa diperluas dengan cakupan sesuai permintaan user (user demand) dengan metodologi yang diusulkan oleh tim Duniaindustri.com.
Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini ini terangkum dalam 51 halaman pdf untuk memudahkan proses download, sedangkan versi microsoft word tersedia secara pembayaran offline. Tim duniaindustri.com juga melayani jasa tambahan sebagai pelengkap dari database direktori ini, berupa layanan survei perusahaan, penyebaran kuesioner, observasi perusahaan (company observation), investigasi perusahaan (company investigation), customized database direktori, dan lainnya.
Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini ini berisi 51 halaman pdf dan berukuran 1,1 MB. Database Direktori Perusahaan ini berasal dari hasil monitoring big data duniaindustri.com, survei terbatas, serta kompilasi data terpercaya, database sejumlah perusahaan kosmetik di Indonesia, dan diolah duniaindustri.com.
Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini ini diharapkan menjadi acuan yang akurat bagi para marketing, executive perusahaan, business development, pedagang, international trader, export import trader, pemasok bahan baku, investor, board of directors, entrepreneur, researcher, investment bankers, strategic & corporate planners, kreditur perbankan, ataupun bagi perusahaan-perusahaan pemasok barang.
Database Spesifik Direktori 200 Perusahaan Kosmetik (Profil Top 10 Perusahaan Kosmetik Terbesar) ini ini melengkapi kumpulan database direktori perusahaan yang sebelumnya telah disajikan Duniaindustri.com. Keenam kumpulan database direktori itu adalah: 1) Database Direktori 364 Perusahaan Farmasi, Obat, Alat Kesehatan di Indonesia; 2) Database Direktori 845 Perusahaan Kendaraan Bermotor; 3) Database Direktori 935 Perusahaan Elektronik di Indonesia; 4) Database 1.452 Direktori Perusahaan Tekstil dan Garmen; 5) Database 165 Direktori Perusahaan Baja di Indonesia; 6) Database Direktori 203 Perusahaan Makanan Minuman (Profil Produk dan Market Share).
Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Seluruh riset data dan kumpulan database direktori disajikan secara lengkap dalam indeks data industri, yang kini menampilkan 183 database spesifik sesuai kebutuhan users.(*)
Sumber: klik di sini
3) Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2014-2020 (Top 10 Perusahaan Kosmetik & Market Analysis) ini dirilis per November 2018 menampilkan riset independen, data komprehensif, analisis, market trend, dan outlook mengenai proyeksi pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, peta persaingan, highlights dan profil ringkas pemain-pemain di industri ini, hingga analisis pangsa pasar sejumlah produk kosmetik dengan tingkat persaingan paling tinggi.
Riset pasar ini dimulai dengan menampilkan highlights ekonomi Indonesia yang menunjukkan trend positif, ditopang kebangkitan konsumen kelas menengah. (halaman 2 & 3) Disusul kemudian paparan data sejumlah indikator makro ekonomi seperti tren laju pertumbuhan ekonomi nasional, inflasi, tingkat kemiskinan yang terus menurun, rasio gini, dan persentase pengangguran juga yang juga terus menurun. (halaman 4).
Setelah itu, disajikan terminologi kosmetik dari bahasa Yunani yang berarti berhias, pada halaman 5. Dilanjutkan dengan market trend yang terjadi di industri kosmetik nasional periode 2014-pertengahan 2018, pada halaman 6 dan 7. Market trend ini berisi faktor-faktor yang mendukung pertumbuhan pasar kosmetik secara nasional, antara lain perluasan segmen dan konsumen yang ditandai dengan meningkatnya kesadaran laki-laki untuk memperbaiki penampilannya. Hal ini berimplikasi terhadap peningkatan segmen pasar personal care.
Pada halaman 8 dan 9, ditampilkan profil singkat industri kosmetik nasional untuk periode 2017 dan 2015, berisi jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, ekspor-impor, serta segmentasi produk kosmetik.
Beranjak ke halaman 10, ditampilkan riset data independen Duniaindustri.com yang mencoba mengkalkulasi pertumbuhan pasar (nilai penjualan) industri kosmetik di Indonesia periode 2014-2020F disertai persentase pertumbuhannya. Duniaindustri.com membuat riset eksklusif pertumbuhan pasar industri kosmetik (outlook kosmetik) di Indonesia 2015-2017 untuk meng-capture market trend pertumbuhan pasar sebagai acuan pebisnis, yang ditampilkan pada halaman 11 sampai 13. Disusul kemudian market analysis dari data tren pertumbuhan market size tersebut.
Beranjak ke pembahasan selanjutnya, ditampilkan profil top 10 perusahaan kosmetik terbesar dari nilai penjualan yang dibedakan secara periode, yakni periode tahun 2017 pada halaman 16 hingga 18, dan periode tahun 2015 pada halaman 19 hingga 21.
Tak ketinggalan, pada halaman 22 dan 23, ditampilkan data top 8 merek kosmetik dengan nilai penjualan tertinggi di pasar Indonesia yang dibedakan periode tahun 2017 dan periode tahun 2015. Data top 8 merek kosmetik paling laris itu dapat menjadi acuan dan referensi strategi penjualan yang lebih efektif, baik bagi market leader maupun new entry.
Pada halaman 24, 25, dan 26, duniaindustri.com membuat riset pasar terkait pangsa pasar lipstik per merek di Indonesia yang dibedakan untuk periode tahun 2017 dan periode tahun 2015. Khusus untuk produk bedak, ditampilkan juga pangsa pasar per merek untuk periode tahun 2017 dan periode tahun 2015 di halaman 27 dan 28.
Selanjutnya, pada halaman 29 hingga 40 ditampilkan market profiling sejumlah perusahaan kosmetik lokal di Indonesia yang menjadi market leader dalam top 10 perusahaan kosmetik di Indonesia. Tinjauan market profiling diarahkan pada kinerja keuangan, rekam jejak dan fasilitas produksi, strategi pemasaran, serta tren pangsa pasar.
Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2014-2020 (Top 10 Perusahaan Kosmetik & Market Analysis) sebanyak 41 halaman dan berukuran 5,8 MB ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan dukungan data yang berasal dari BPS, Bank Dunia, asosiasi industri, instansi pemerintah, serta sejumlah perusahaan kosmetik baik di Indonesia maupun dunia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan.(*)
Sumber: klik di sini
4) Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia) ini dirilis per Oktober 2016 menampilkan riset independen, data, analisis, kajian, dan outlook mengenai proyeksi pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia, peta persaingan, highlights dan profil ringkas pemain-pemain di industri ini, hingga analisis pangsa pasar sejumlah produk kosmetik dengan tingkat persaingan paling tinggi.
Riset pasar ini dimulai dengan menampilkan highlights ekonomi serta pasar Indonesia, dilengkapi tren konsumen dan tingkat daya beli, serta segmentasi konsumen kelas menengah di Indonesia. (halaman 2-4)
Pada halaman 5, disajikan terminologi kosmetik dari bahasa Yunani yang berarti berhias. Dilanjutkan dengan profil singkat industri kosmetik nasional pada halaman 6, berisi jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, ekspor-impor, serta segmentasi produk kosmetik.
Di halaman 7, ditampilkan nilai penjualan (market size) industri kosmetik di Indonesia periode 2009-2015 disertai persentase pertumbuhannya. Duniaindustri.com membuat riset eksklusif pertumbuhan pasar industri kosmetik di Indonesia 2015-2017 pada halaman 8.
Pada halaman 9-11, ditampilkan data top 10 perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia berdasarkan nilai penjualan, segmen pasar, serta merek dagang (brand) di Indonesia. Data ini penting sebagai acuan strategi pasar dan peta kompetisi antar merek kosmetik.
Tak ketinggalan, pada halaman 12, disajikan top 8 produk kosmetik dengan nilai penjualan tertinggi di pasar Indonesia. Data top 8 merek kosmetik paling laris itu dapat menjadi acuan dan referensi strategi penjualan yang lebih efektif, baik bagi market leader maupun new comer.
Pada halaman 13-15, duniaindustri.com membuat riset pasar terkait pangsa pasar lipstik per merek di Indonesia, tren pangsa pasar 2010-2015, serta analisis market leader. Khusus untuk produk bedak, ditampilkan juga pangsa pasar per merek serta analisis market leader di halaman 16-17.
Selanjutnya, pada halaman 18-45 merupakan intisari riset ini yang menampilkan market intelligence terhadap 4 perusahaan market leader di industri kosmetik di Indonesia. Tinjauan diarahkan pada kinerja keuangan, penjualan per kategori produk, strategi pemasaran, jaringan distribusi, kapasitas produksi dan fasilitas pabrik, serta strategi pengembangan produk.
Sebagai tambahan, pada akhir riset ini ditampilkan tren pertumbuhan pasar kosmetik global periode 2006-2015, serta top 5 perusahaan kosmetik global dengan nilai penjualannya. (halaman 46) Sementara segmentasi produk kosmetik terbesar dikelompokkan menjadi skincase, haircare, make-up, fragrances, hygiene product, dan lainnya yang dihitung berdasarkan komposisi pasar serta potensi pasar dari sisi geografis ditampilkan pada halaman 47.
Riset Pasar dan Data Outlook Kosmetik 2009-2017 (Top 10 Perusahaan Kosmetik di Indonesia) sebanyak 48 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan dukungan data yang berasal dari BPS, Bank Dunia, asosiasi industri, instansi pemerintah, serta sejumlah perusahaan kosmetik baik di Indonesia maupun dunia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan.(*)
5) Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris) ini dirilis per Juni 2016 menampilkan riset independen, data, analisis, kajian, dan outlooksecara komprehensif terkait seluruh informasi mengenai peta persaingan di industri kosmetik di Indonesia, mencakup highlights dan profil ringkas pemain-pemain di industri ini, tren permintaan/kebutuhan (demand) di pasar lokal, hingga analisis pangsa pasar sejumlah produk kosmetik dengan tingkat persaingan paling tinggi.
Data ini dimulai dengan menampilkan highlights ekonomi serta pasar Indonesia, dilengkapi tren konsumen dan tingkat daya beli. (halaman 2-4)
Pada halaman 5, disajikan terminologi kosmetik dari bahasa Yunani yang berarti berhias. Dilanjutkan dengan profil singkat industri kosmetik nasional pada halaman 6, berisi jumlah perusahaan, jumlah tenaga kerja, ekspor-impor, serta segmentasi produk kosmetik.
Di halaman 7, ditampilkan nilai penjualan (market size) industri kosmetik di Indonesia periode 2009-2015 disertai persentase pertumbuhannya. Data di halaman 7 dikomparasi dengan pertumbuhan kosmetik (personal care dan home care) dengan total pertumbuhan industri consumer goods di halaman 8.
Pada halaman 9-11, duniaindustri.com membuat riset pasar terkait pangsa pasar lipstik per merek di Indonesia, tren pangsa pasar 2010-2015, serta analisis market leader. Khusus untuk produk bedak, ditampilkan juga pangsa pasar per merek serta analisis market leader di halaman 12-13.
Di halaman 14-15, dipaparkan tren penjualan kosmetik secara ritel dan consumer behavioral. Beranjak pada halaman 16-44 merupakan intisari riset ini yang menampilkan market intelligence terhadap 4 perusahaan market leader di industri kosmetik di Indonesia. Tinjauan diarahkan pada kinerja keuangan, penjualan per kategori produk, strategi pemasaran, jaringan distribusi, kapasitas produksi dan fasilitas pabrik, serta strategi pengembangan produk. Sementara pada akhir riset ini menampilkan 5 merek (top 5) kosmetik dengan nilai penjualan paling tinggi di Indonesia.
Riset Pasar dan Analisis Industri Kosmetik (Tren Pertumbuhan dan 5 Merek Paling Laris) sebanyak 45 halaman ini berasal dari riset duniaindustri.com dengan dukungan data yang berasal dari BPS, WHO dan Bank Dunia, serta sejumlah perusahaan kosmetik di Indonesia. Indeks data industri merupakan fitur terbaru di duniaindustri.com yang menampilkan puluhan data pilihan sesuai kebutuhan users. Seluruh data disajikan dalam bentuk pdf sehingga mudah didownload setelah users melakukan proses sesuai prosedur, yakni klik beli (purchase), klik checkout, dan isi form. Duniaindustri.com mengutamakan keabsahan dan validitas sumber data yang disajikan. Terima kasih.(*)
6) Data Pasar Kosmetik Indonesia (periode empat tahun terakhir) ini menggambarkan tren pertumbuhan pasar kosmetik di Indonesia beserta nilai pasarnya dalam periode empat tahun terakhir. Data ini berasal dari asosiasi industri dan Kementerian Perindustrian yang dikompilasi oleh duniaindustri.com.(*)
Baca selengkapnya di sini
Mari Simak Coverage Riset Data Spesifik Duniaindustri.com:
Market database
Manufacturing data
Market research data
Market leader data
Market investigation
Market observation
Market intelligence
Monitoring data
Market Survey/Company Survey
Multisource compilation data
Market domestic data
Market export data
Market impor data
Market directory database
Competitor profilling
Market distribution data
Company database/directory
Mapping competition trend
Profiling competitor strategy
Market data analysist
Historical data
Time series data
Tabulation data
Factory directory database
Market segmentation data
Market entry strategy analysist
Big data processor
Financial Modeling/Feasibility Study
Price trend analysist
Data business intelligence
Customized Direktori Database* Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 221 database, klik di sini
** Butuh competitor intelligence, klik di sini
*** Butuh copywriter specialist, klik di sini
**** Butuh content provider (branding online), klik di sini
***** Butuh jasa medsos campaign, klik di sini
Database Riset Data Spesifik Lainnya:
- Butuh data spesifik atau riset pasar, total ada 221 database, klik di sini
- Butuh 24 Kumpulan Database Otomotif, klik di sini
- Butuh 18 Kumpulan Riset Data Kelapa Sawit, klik di sini
- Butuh 15 Kumpulan Data Semen dan Beton, klik di sini
- Butuh 8 Kumpulan Riset Data Baja, klik di sini
- Butuh 15 Kumpulan Data Transportasi dan Infrastruktur, klik di sini
- Butuh 9 Kumpulan Data Makanan dan Minuman, klik di sini
- Butuh 6 Kumpulan Market Analysis Industri Kimia, klik di sini
- Butuh 4 Kumpulan Data Persaingan Pasar Kosmetik, klik di sini
- Butuh competitor intelligence ataupun riset khusus (survei & observasi), klik di sini
- Butuh copywriter specialist, klik di sini
- Butuh content provider (online branding), klik di sini
- Butuh market report dan market research, klik di sini
- Butuh perusahaan konsultan marketing dan penjualan, klik di sini
- Butuh menjaring konsumen korporasi dengan fitur customized direktori database perusahaan, klik di sini
Komentar
Posting Komentar